Cara Membersihkan Bantal yang Menguning

Posted on

Bantal bisa menguning seiring frekuensi penggunaannya. Penyebab bantal menguning antara lain keringat, noda riasan, minyak tubuh, air liur, hingga basah karena rambut.

Anda harus mencuci bantal the lumiere house secara menyeluruh dua kali setahun untuk menghindari noda, namun meskipun demikian, noda kuning terkadang dapat terlihat.

Jika bantal menguning, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan noda yang tidak sedap dipandang tersebut.

Berikut beberapa cara membersihkan bantal menguning :

Gunakan garam

Seperti yang telah disebutkan, noda kuning pada bantal sering kali disebabkan oleh keringat yang merembes masuk dan meninggalkan bekas yang terlihat seiring berjalannya waktu.

Garam bisa membantu menghilangkan noda kuning di bantal. Meski trik ini belum terbukti secara ilmiah, garam diperkirakan bisa menghilangkan noda keringat di pakaian, jadi masuk akal jika trik ini juga diterapkan pada bantal.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah melarutkan empat sendok makan garam ke dalam satu liter air, pastikan diaduk rata hingga semua garam larut.. Jika sudah larut, ambil kain bersih atau spons.

Oleskan perlahan noda di bantal dengan larutan air garam, pastikan kain atau spons bersih saat Anda mengoleskannya untuk hasil terbaik. Setelah noda hilang seluruhnya atau tampak memudar, bilas sisa air asin dan cuci bantal seperti biasa.

Gunakan baking soda

Soda kue alias baking soda memiliki manfaat yang luar biasa dalam membuat kue, namun kegunaannya tidak hanya terbatas di dapur. Baking soda adalah pilihan yang bagus untuk digunakan sebagai perawatan awal sebelum mencuci jika noda yang ingin Anda hilangkan sangat parah.

Selain itu, baking soda merupakan alternatif alami untuk larutan kimia yang lebih keras yang mungkin tidak ingin Anda gunakan.

Untuk menggunakan baking soda untuk membersihkan bantal yang menguning, Anda perlu meluangkan waktu sebelum mencucinya.

Jackie Shepherd, pakar peralatan rumah tangga, merekomendasikan untuk merendam bantal ke dalam air dingin selama 30 menit, lalu oleskan soda kue ke noda kuning selama 30 menit lagi.

Meskipun Shepherd tidak merinci berapa banyak soda kue yang harus dioleskan pada noda, Anda disarankan untuk menggunakan soda kue secukupnya saja untuk menutupinya sehingga Anda tidak mendapatkan banyak noda berlebih.

Selain itu, pastikan untuk menghilangkan semua sisa soda kue setelah 30 menit berlalu untuk menghindari kekacauan besar di mesin cuci atau kamar tidur.

Gunakan baking soda dan cuka

Perhatikan bahwa bahan-bahan alami ini sebaiknya digunakan sebelum Anda memasukkan bantal ke dalam mesin cuci agar bantal benar-benar bersih.

Penambahan cuka dianggap membantu menghilangkan perubahan warna yang terjadi. Emily Attwood, pendiri spesialis tempat tidur Scooms menjelaskan, buatlah pasta dengan mencampurkan soda kue dengan sedikit air.

Mulailah dengan melakukan uji titik di area yang tidak mencolok. Jika sudah puas, oleskan pasta langsung ke area yang terkena noda dan diamkan selama 15 sampai 30. menit.

Setelah pasta menempel, basahi kain bersih dengan cuka putih dan tepuk-tepuk area yang bernoda untuk membantu mengangkat noda dan pasta. Bilas bantal hingga bersih dengan air.

Jika noda belum hilang sepenuhnya, Anda mungkin perlu mengulangi prosesnya. Namun jika sebagian besar sudah pudar, cukup cuci bantal seperti biasa. Noda yang tersisa akan hilang saat dicuci.

Gunakan krim cukur

Seperti cara garam yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda kuning akibat keringat, krim cukur juga diduga memiliki efek serupa, namun untuk membersihkan noda riasan.

Jika menurut Anda noda kuning di bantal mungkin disebabkan oleh riasan yang menempel, ikuti langkah-langkah berikut agar bantal terlihat segar dan bersih kembali.

Tutupi noda seluruhnya dengan krim cukur lalu diamkan selama kurang lebih dua menit. Ini memberi waktu pada krim untuk mengendap.

Kemudian, oleskan krim pada noda dengan jari atau sikat bersih. Bila sudah dikerjakan secara menyeluruh, periksa apakah noda sudah hilang. Jika sudah, bilas dengan air dan cuci seperti biasa.

Gunakan pembersih noda berbasis enzim

Pakar laundry Lori Williamson menjelaskan, saat mencuci bantal, tahan keinginan untuk menggunakan pemutih klorin untuk memutihkannya.

Noda keringat berbahan dasar protein, dan pemutih bukanlah solusi ideal, karena dapat menyebabkan warna semakin menguning.

Di sinilah peran pembersih berbasis enzim. Menurut pakar kebersihan Kathleen Bell, kebanyakan penghilang noda hanya memutihkan pakaian hingga bersih dengan menggunakan bahan kimia keras konsentrasi tinggi yang dapat merusak kain dan bahkan mengiritasi kulit.

Anda ingin bantal Anda benar-benar bersih, dan pembersih yang mengandung enzim tidak hanya akan menetralkan bau apa pun yang berasal dari bantal Anda, tetapi juga memecah molekul noda yang menyebabkan bantal Anda menguning.

Pembersih ini memicu reaksi kimia dan mempercepat siklus penghilangan molekul secara keseluruhan.

Gunakan deterjen dan air 

Jika bantal tidak bisa dicuci, Anda mungkin bingung bagaimana cara menghilangkan noda kuning. Namun jangan khawatir, karena Anda cukup mencuci bantal dengan tangan dengan cara yang cukup lembut untuk menghilangkan noda tanpa merusak bahannya.

Untuk metode ini, Anda memerlukan air panas, deterjen, dan sikat gigi bersih. Deterjen yang Anda gunakan haruslah yang lembut, karena deterjen biasa mungkin terlalu keras untuk bahan yang halus.

Campurkan satu hingga tiga sendok makan deterjen ke dalam 3 liter air panas. Ambil sikat gigi, lalu celupkan ke dalam larutan air, gosok noda.

Pastikan untuk berhati-hati saat melakukan ini agar tidak merusak kain. Jika Anda tidak memiliki sikat gigi, spons bersih juga bisa digunakan.

Jika Anda merasa noda sudah hilang, gunakan air bersih untuk menghilangkan sisa deterjen. Jika perlu, Anda dapat mengulangi cara ini hingga sebagian besar noda memudar. Biarkan bantal mengering secara alami setelah selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *